tata kelola TI

MANAJEMEN-TI.COM – Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) sudah sedemikian luasnya merasuk ke berbagai sektor kehidupan bisnis dan bahkan pribadi hampir setiap orang. Besaran investasi yang digelontorkan untuk penerapan TI tersebut untuk berbagai organisasi dan perusahaan juga kian fantastis. Namun demikian seiring dengan peningkatan penggunaan TI tersebut berikut dampak positifnya, semakin sering pula kita mendengar berbagai kejadian, tragedi, dan musibah terkait TI yang terjadi dimana-mana.

Sehingga karena pemanfaatan TI sudah tidak dapat dielakkan, maka pilihannya tinggal bagaimana caranya untuk memperbesar potensi keberhasilan sambil menekan kemungkinan kegagalannya. Disitulah kemudian muncul kebutuhan akan Tata Kelola TI. Tren Tata Kelola TI ini mulai banyak dibicarakan dan menjadi tren perhatian para pimpinan organisasi di seluruh dunia utamanya setelah kasus ENRON yang sangat menghebohkan itu yang kemudian menjadi penggugah kesadaran dunia akan pentingnya tata kelola perusahaan yang baik dan benar (good corporate/enterprise governance).

Jadi apakah Tata Kelola TI itu?

Tata Kelola TI (IT Governance) itu adalah bagian tak terpisahkan dari Tata Kelola Organisasi (Enterprise Governance).

[Baca juga: 2019 Ganti COBIT 2019: Apa Bedanya?]

Lalu apakah Tata Kelola Organisasi (Enterprise Governance) itu?

Banyak pihak mencoba mendefinisikan tata kelola organisasi (enterprise governance) ini. Namun demikian secara garis besar Enterprise Governance itu adalah sebuah sistem atau mekanisme yang diterapkan pada sebuah organisasi/perusahaan untuk memberikan arahan agar organisasi dapat mencapai tujuan/nilai yang diharapkan untuk para stakeholder-nya, memastikan agar risiko yang dihadapi dapat dikelola dengan baik, dan sumber-daya yang dimiliki atau digunakan organisasi dapat dikelola secara bertanggung-jawab.

[Baca juga: COBIT 2019 vs COBIT 5: Apalagi Perbedaannya?]

Jadi Tata Kelola TI itu apa?

Teknologi Informasi adalah salah satu bagian penting dari organisasi (enterprise) yang membutuhkan pula tata kelola yang baik. Jadi Tata Kelola TI (IT Governance) itu adalah sebuah sistem atau mekanisme yang diterapkan pada sebuah organisasi dalam rangka untuk memastikan agar investasi yang dikeluarkan oleh organisasi untuk TI dapat memberikan manfaat/nilai yang optimal untuk organisasi, risiko-risiko yang dapat ditimbulkan dari pemanfaatan TI dapat ditekan sampai pada tingkatan yang dapat diterima, serta pengelolaan sumber daya TI yang dimiliki atau digunakan oleh organisasi dapat dilakukan secara bertanggung-jawab.

Apa saja yang dimaksud dengan sumber daya TI itu?

Sumber daya TI (IT resources) yang dimaksud disini yang memerlukan pengelolaan yang bertanggung-jawab itu mencakup:
(1) Sistem aplikasi yang dimiliki atau digunakan oleh organisasi
(2) Infrastruktur TI yang dimiliki atau digunakan oleh organisasi
(3) Data/informasi yang dikelola oleh organisasi
(4) Sumber daya manusia yang menjalankan organisasi

Jadi sekali lagi tata kelola TI atau IT Governance itu adalah sebuah sistem atau mekanisme yang diterapkan oleh organisasi dalam rangka untuk memastikan bahwa organisasi dapat memperoleh manfaat/nilai yang optimal dari TI, sementara pada sisi yang lain risiko-risiko terkait TI dapat dikelola dengan baik, dan sumber daya TI yang digunakan oleh organisasi dapat dikelola secara bertanggung-jawab. Itulah tata kelola TI. [mti/picture:imagenesmy]