nilai tukar bitcoin terus menaik

Manajemen-ti.com— Nilai tukar Bitcoin, mata uang digital populer di dunia, dilaporkan menunjukkan tren yang terus membumbung tinggi. Dalam waktu singkat, nilai tukar 1 bitcoin kini adalah 4.135 dollar Amerika Serikat, atau setara dengan Rp. 55,1 juta.

Kenaikan nilai tukar tersebut terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Dua hari yang lalu, nilai tukar satu bitcoin masih dibawah 3.700 dollar AS atau sekitar 49,3 juta Rupiah. Sehari setelahnya, nilai tersebut naik hingga 4 ribu dollar AS atau sekitar 53,3 juta Rupiah. Wow!

(Baca juga: Ransomware Meningkat Tajam, Thanks to Bitcoin!)

Dan pada hari ini (Senin, 14/8/2017), Techcrunch melansir bahwa nilai tukar bitcoin sudah menjadi 4.135 dollar AS atau sekitar 55,1 juta Rupiah. Sejauh ini belum ada tanda-tanda tren kenaikan tersebut akan berhenti.

Sebab Kenaikan Nilai Tukar Bitcoin

Bisa jadi kenaikan nilai tukar bitcoin tersebut disebabkan salah satunya oleh karena meningkatnya tingkat kepercayaan orang terhadap mata uang digital tersebut.

Padahal sekitar dua pekan yang lalu, nilai tukar bitcoin anjlok cukup drastis. Walaupun segera bisa pulih kembali karena para penggunanya masih merasa yakin terhadap masa depan mata uang tersebut. Saat itu memang sempat dibuat bitcoin cash, yang merupakan tiruan dari mata uang tersebut. Namun mata uang digital baru tersebut tidak berhasil di pasaran. Ia tidak diminati banyak orang.

Beberapa hari setelahnya, bitcoin melakukan perbaikan penting. Perbaikan tersebut berguna untuk mengatasi masalah ketahanannya terhadap tekanan pasar dan membebaskan ruang dalam tiap blok, supaya pengguna bisa menyimpan lebih banyak transaksi.

Kemungkinan penyebab lain adalah tampak mulai terobsesinya bursa Wall Street pada bitcoin. Para analis keuangan hingga pedagang, pada menyampaikan pendapatnya tentang bitcoin.

Disamping itu ada juga kemungkinan sebab lain naiknya nilai tukar bitcoin ini yaitu karena adanya keramaian Initial Coin Offering (ICO)[i]. Investasi yang berhasil dihimpun cukup besar. Bahkan nilainya lebih besar dibanding pendanaan awal yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan Startup. [manajemen-ti]

[i] Initial Coin Offering (ICO) adalah sebuah metode untuk menggalang dana publik menggunakan crypto currency.