kerja praktik magang internship

Manajemen-ti.com – Bagi para mahasiswa, baik sarjana ataupun pasca sarjana, salah satu tugas atau tahapan yang umumnya harus dilalui adalah Kerja Praktik (internship). Walaupun biasanya jumlah SKS nya tidak banyak, tapi tahapan ini cukup penting sebagai pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang tidak akan dia dapat di kelas.Kurikulum kerja praktik atau magang ini juga umumnya terdapat pada kurikulum balai-balai pelatihan tenaga kerja. Bahkan masalah magang ini diatur dalam Undang-Undang No.13 Tahun 2003  dan lebih spesifik lagi diatur dalam Permenakertrans No. Per.22/Men/IX/2009 tentang penyelenggaraan permagangan di dalam negeri.

Pada kerja praktik atau magang ini, mahasiswa atau peserta magang akan mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang dia dapatkan di saat kuliah. Pengalaman tersebut juga akan menjadi catatan penting yang terrekam dalam riwayat hidupnya ketika ia nanti mencari kerja setelah lulus kuliah atau pelatihan. Disamping pengalaman dan track record yang berharga tersebut, apabila beruntung maka mahasiswa tersebut itu juga bisa mendapatkan imbalan gaji yang lumayan. Terkadang apa yang dikerjakan dalam kerja praktik tersebut juga bisa diperlakukan sebagaimana proyek yang memiliki nilai tertentu.

Untuk mengetahui perusahaan mana yang menawarkan imbalan dan fasilitas yang menarik diperlukan “intelijen” yang cermat. Perlu usaha untuk bertanya dan cari informasi kesana-kesini untuk mendapatkan informasi tersebut. Di era globalisasi seperti saat ini, pencarian kita bisa tidak terbatas hanya perusahaan lokal saja. Tapi kita juga dapat berburu perusahaan global yang berada dimanapun yang tentunya menjanjikan pengalaman dan imbalan yang lebih maknyus.

(Baca juga: Ingin Tahu Posisi TI yang Paling Dicari di Amerika dan Gajinya?)

Sebagai bantuan bagi Anda yang ingin mencari perusahaan yang menawarkan imbalan dan fasilitas paling maknyus di dunia, Glassdoor berhasil mengumpulkannya untuk Anda. Berikut ini adalah daftar perusahaan IT yang menawarkan imbalan yang paling menarik bagi Anda di 2017:

  1. Facebook – berkisar USD 8.000 / bulan
  2. Microsoft – berkisar USD 7.100 / bulan
  3. Salesforce – berkisar USD 6.450 / bulan
  4. Amazon – berkisar USD 6.400 / bulan
  5. Apple – berkisar USD 6.400 / bulan
  6. Bloomberg – berkisar USD 6.400 / bulan
  7. Yelp – berkisar USD 6.400 / bulan
  8. Yahoo – berkisar USD 6.080 / bulan
  9. VMWare – berkisar USD 6.080 / bulan
  10. Google – berkisar USD 6.000 / bulan
  11. Nvidia – berkisar USD 5.770 / bulan
  12. Intuit – berkisar USD 5.440 / bulan
  13. Juniper Networks– berkisar USD 5.440 / bulan
  14. Workday – berkisar USD 5.440 / bulan
  15. Adobe – berkisar USD 5.120 / bulan
  16. MathWorks– berkisar USD 5.120 / bulan
  17. Qualcomm – berkisar USD 5.040 / bulan

(Baca juga: Inilah 5 Keahlian IT yang Paling Dibutuhkan Hingga 5 Tahun Kedepan)

Gaji-gaji diatas adalah gaji rata-rata yang ditawarkan perusahaan-perusahaan tersebut bagai para praktikan atau pemagang bidang Teknologi Informasi. Tentu tidak semua posisi dan keahlian akan memiliki penawaran gaji dan fasilitas yang sama. Tingkat pendidikan dari pemagang juga berpengaruh. Misalnya seseorang kandidat doktor yang melakukan magang untuk penelitian tesis atau disertasinya biasanya juga mendapatkan tawaran yang lebih tinggi dibanding sarjana. Tingkat kelangkaan dan usaha  atau manfaat yang dapat diberikan oleh pemagang bagi perusahaan juga berpengaruh terhadap imbalan yang akan dia terima. Bahkan bisa juga lebih tinggi dari yang ditawarkan oleh daftar perusahaan-perusahaan diatas. Intinya semuanya bergantung pada imbal balik manfaat yang anda tawarkan kepada perusahaan tempat Anda akan kerja praktik atau magang. [mti/techcrunch]