Gojek masuk fortune 50

Manajemen-ti.com – Gojek masuk dalam daftar 50 perusahaan yang mengubah dunia menurut survei dari majalah Fortune.

Perusahaan teknologi yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini menempati peringkat 17 dari 50 perusahaan yang dinilai mampu mengubah wajah dunia. Mereka bahkan jadi satu-satunya perusahaan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.

Menanggapi penghargaan itu, CEO dan pendiri Nadiem mengaku terkejut. Ia merasa predikat itu diraih berkat kolaborasi mitra pengemudi, mitra UMKM, karyawan, pelanggan, dan pemerintah.

“Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berkomitmen memberikan kontribusi positif terhadap visi pemerintah agar Indonesia dapat menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020, sesuai yang diutarakan oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Nadiem.

Dalam daftar 50 perusahaan Fortune itu, Gojek berhasil mengungguli sejumlah perusahaan teknologi ternama seperti Microsoft, Accenture, hingga Airbnb.

(Baca juga: Sukses Go-Pay Dorong Masyarakat Nir-Tunai Indonesia)

Sementara Apple, SAS, dan Tencent adalah perusahaan teknologi yang berada di atas Gojek di daftar tersebut. Apple menempati peringkat tiga, SAS di posisi ke-12, dan Tencent di posisi ke-15.

Tencent sendiri adalah raksasa teknologi asal China yang belum lama menyuntikkan investasi sebesar 1,2 miliar dolar AS atau sekitar 16 triliun rupiah ke Gojek.

Berikut ini adalah daftar 20 teratas dalam daftar perusahaan yang dirilis Fortune tersebut:

  1. JP Morgan Chase (Commercial Banks)
  2. DSM (Food Production)
  3. Apple Computers (Office Equipment)
  4. Novartis (Pharmaceuticals)
  5. LeapFrog Investments (Diversified Financials)
  6. Ant Financial (Financial Data Services)
  7. Walmart (General Merchandisers)
  8. Toyota Motor (Motor Vehicles & Parts)
  9. Johnson & Johnson (Pharmaceuticals)
  10. Yara (Chemicals)
  11. Levi Strauss (Apparel)
  12. SAS (Computer Software)
  13. Bendigo & Adelaide Bank (Commercial Banks)
  14. Nestlé (Food Consumer Products)
  15. Tencent (Internet Services & Retailing)
  16. Vodafone (Telecommunications)
  17. Go-Jek (Logistics)
  18. Cemex (Building Materials)
  19. Centene (Health Care: Insurance & Managed Care)
  20. Enel (Utilities)

Fortune punya tiga kriteria penilaian dalam membuat daftar ini yakni besaran dampak sosial, nilai bisnis, dan level inovasi yang dihasilkan. Selain itu, Forbes juga mensyaratkan perusahaan terkait punya pendapatan per tahun 1 miliar dolar AS ke atas.

“Beberapa nama dalam daftar yang terpilih ini sudah banyak dikenal, namun kami juga menyorot berbagai perusahaan yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, namun mampu membantu mengatasi masalah sosial dan tantangan lainnya,” ucap Matthew Heimer, Features Editor Fortune dalam video resmi Change the World. [af/cnn/fortune]