Samsung terus produktif menyajikan produk-produk berkualitas. Setelah resmi memperkenalkan jam tangan pintar yang disebut Galaxy Gear, pada kesempatan yang sama mereka juga memperkenalkan generasi penerus Galaxy Note dalam ajang IFA yang berlangsung di Berlin, Jerman.

Smartphone jumbo atau yang biasa dijuluki sebagai phablet ini mengusung nama Galaxy Note 3 dan memiliki sejumlah fitur unggulan, di antaranya spesifikasi yang terbilang dahsyat. Perangkat ini menggunakan prosesor quad core Snapdragon 2,3 GHz dan RAM 3 GB.Samsung menyatakan Note 3 adalah smartphone pertama yang mengusung RAM setinggi itu. Prosesornya juga terbilang paling garang di atas kertas dibandingkan smartphone lain.

Tak hanya itu, perangkat juga dibenamkan kamera 13 megapixel, baterai 3200 mAh, dan konektivitas 4G LTE Advanced yang menjanjikan akses data lebih kencang dari LTE konvensional. Sama seperti pendahulunya, Galaxy Note 3 juga mempunyai sylus bawaan yang terpasang di sudut bodinya. Fungsionalitas stylus berjuluk S Pen ini pun semakin bertambah banyak.

Note 3 ini, yang akan menjadi handset flagship Samsung di samping Galaxy S4, memiliki bentang layar 5,7 inch full definisi tinggi dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Luas layar tersebut bertambah 0,2 inch dibandingkan Galaxy Note 2.

Dari sisi interface layar, ada tampilan baru bernama my magazine. Dari home screen, cukup sapukan jari ke atas, maka akan muncul tampilan baru yang mengelompokkan berbagai konten dalam kotak-kotak menarik.

Dengan tebal 8,3 mm, Note 3 lebih tipis dari Note 2. Di sisi desain, Note 3 memang tidak membawa perubahan berarti dari segi bentuk dibandingkan kakaknya. Namun ada beberapa perubahan yang cukup kentara.

Sementara itu, belum diumumkan berapa harga resmi untuk perangkat ini. Namun bocoran yang beredar akan dibandrol dengan harga Rp 8 jutaan, jika benar akan membuat Note 3 menjadi handset termahal Samsung. [manjemen-ti/dreamersradio]