changing time revolusi industrik ke-4 era eksponensial

Manajemen-ti.com – Terdapat sebuah tulisan yang walaupun bukan tulisan baru tapi beredar viral di sejumlah media sosial belakangan ini. Tulisan tersebut berbicara tentang “Changing Time” yang sangat signifikan dan cepat. Walaupun terkesan cukup spekulatif, tapi analisisnya tentang perubahan atau perpindahan dari satu era ke era yang lain cukup berdasar. Menurutnya saat ini kita semua sedang memasuki era perubahan yang sangat cepat dan drastis, perubahan yang eksponensial.

Dalam tulisan yang viral ini dikatakan bahwa penulisnya bernama Shailesh Modi. Namun berdasarkan penelusuran MTI, ditemukan beberapa tulisan sebelumnya yang ditulis oleh beberapa orang yang berbeda diantaranya oleh Udo Gollub dan Dr. Robert Goldman.

Ala kulli hal, siapapun penulisnya, fakta-fakta yang diungkapkannya cukup menarik untuk kita simak bersama. Berikut ini adalah tulisan tersebut:

 

Pada 1998, Kodak memiliki 170.000 karyawan dan menjual 85 persen dari keseluruhan kertas foto di dunia. Hanya dalam beberapa tahun, bisnis model mereka menghilang  dan mereka bangkrut.

 

Apa yang  terjadi pada Kodak, juga akan terjadi pada berbagai industri dalam 10 tahun mendatang  dan sebagian besar orang tidak memprediksinya sama sekali.

 

Apakah anda pernah mengira di tahun 1998 bahwa 3 tahun kemudian anda tidak perlu mengambil foto dengan film lagi..? Kendati kamera digital diciptakan di tahun 1975, yang  pada saat itu hanya memiliki 10 ribu pixel, tetapi mengikuti Hukum Moore bahwa perkembangan teknologi bergerak secara eksponensial, sehingga awalnya merupakan produk gagal, namun akhirnya dapat melampaui kamera analog  dan menjadi barang umum hanya dalam beberapa tahun.

 

Hal yang  sama akan terjadi juga dengan Artificial Intelegence  (AI/Kecerdasan Buatan), kesehatan, mobil elektrik dan otonom (Autonomous), Pendidikan, 3D Printing, Agrikultur  dan bidang pekerjaan lainnya.

 

Selamat datang di Revolusi Industri yang  ke-4. Selamat datang di Era Eksponensial.

 

Perangkat lunak akan menggeser industri tradisional dalam 5-10 tahun ke depan.

 

#Uber hanyalah sebuah perangkat lunak, mereka tidak memiliki armada sendiri, kini menjadi perusahaan taksi terbesar di dunia.

#Airbnb sekarang menjadi perusahaan perhotelan terbesar di dunia, walaupun mereka tidak memiliki properti apapun.

(Baca juga: Umur Google dan Facebook tinggal 5-8 tahun lagi?)

ARTIFICIAL INTELLEGENCE – Kecerdasan Buatan

Komputer secara eksponensial menjadi lebih baik dalam mengerti dunia ini. Tahun ini, sebuah komputer mengalahkan Go Player terbaik di dunia, 10 tahun lebih cepat dari perkiraan. Di Amerika Serikat, pengacara-pengacara muda sudah kesulitan mencari pekerjaan karena IBM Watson, dimana Anda bisa mendapatkan saran mengenai hukum dalam hitungan detik (sejauh ini hanya untuk hal-hal dasar), dengan tingkat akurasi 90 persen, dibandingkan jika dikerjakan manusia yang  hanya 70 persen.

 

Jadi, jika anda sekarang menekuni hukum, berhentilah. Di masa depan, jumlah pengacara di dunia akan berkurang hingga 90 persen nya, hanya spesialis yang  akan bertahan.

 

IBM Watson telah menolong perawat mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat dari pada manusia. Facebook kini memiliki perangkat lunak pengenal pola yang  dapat mengenali wajah jauh lebih akurat dari manusia. Di tahun 2030, komputer akan lebih cerdas dari manusia.

 

AUTONOMOUS CAR – Mobil Otonom

Tahun 2018 nanti, mobil otonom pertama di dunia akan diluncurkan untuk umum. Sekitar tahun 2020, keseluruhan industri otomotif akan bergeser. Anda akan tidak ingin memiliki mobil lagi. Anda akan ‘menelpon’ sebuah mobil untuk anda, yang  kemudian akan menjemput  dan mengantar anda ke tujuan. Anda tidak akan perlu memarkirkan mobil anda, Anda hanya akan membayar jarak yang  anda tempuh, dan dapat lebih produktif selama perjalanan. Anak-anak kita tidak perlu lagi mendapatkan SIM atau memiliki mobil sendiri. Hal ini akan mengubah banyak kota karena akan terjadi pengurangan 90-95 persen mobil karenanya. Kita dapat mengalih fungsikan tempat parkir menjadi taman.

 

Setidaknya satu juta dua ratus ribu orang di dunia meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan mobil. Sekarang ini kita mengalami 1 kecelakaan per 100.000 km, dengan adanya mobil otonom, angka ini akan turun drastis menjadi 1 kecelakaan per 10 juta km. Ini akan menyelamatkan sejuta jiwa per tahunnya.

 

Banyak perusahaan mobil akan bangkrut. Perusahaan mobil tradisional dengan pendekatan evolusinya akan menciptakan mobil yang  lebih baik, sedangkan perusahaan teknologi (Tesla, Apple, Google) dengan pendekatan revolusinya akan membangun ‘komputer beroda’.

 

Saya telah berbicara dengan banyak engineer Volkswagen  dan Audi, mereka semua sangat ketakutan dengan Tesla. Perusahaan asuransi akan mendapatkan banyak masalah, karena tanpa kecelakaan, asuransi akan menjadi 100 kali lebih murah. Bisnis model asuransi kendaraan akan punah. Real Estate akan berubah, karena jika anda bisa bekerja dalam perjalanan, orang akan pindah jauh-jauh untuk tinggal di tempat yang  lebih indah.

 

Mobil elektrik akan menjadi barang umum di tahun 2020 nanti. Perkotaan akan menjadi tidak sebising sekarang karena mobil sudah menggunakan listrik. Listrik akan menjadi makin ramah lingkungan  dan murah; produksi tenaga surya bertumbuh secara eksponensial selama 30 tahun ini, tetapi baru sekarang-sekarang ini akan terlihat dampaknya. Tahun lalu, lebih banyak tenaga surya yang  dipasang dibandingkan tenaga fosil (migas, batubara). Harga tenaga surya akan turun jauh hingga semua perusahaan batu bara akan gulung tikar di tahun 2025.

 

Dengan adanya listrik murah, air akan ikut menjadi murah. Proses desalinasi kini hanya membutuhkan 2 kWh/m3. Kita tidak akan mengalami lagi kelangkaan air di sebagian besar tempat, hanya mungkin air minum saja yang  akan langka. Bayangkan apa yang  mungkin terjadi jika air bersih dapat diakses oleh siapa saja secara gratis.

 

HEALTH – Kesehatan

Harga Tricoder X akan diumumkan tahun ini. Akan ada banyak perusahaan yang  membangun peralatan medis (nama “Tricoder” diambil dari Star Trek) yang  akan bekerja melalui smartphone anda, memindai retina anda, mengambil sampel darah anda, dan mendeteksi nafas anda. Alat ini kemudian akan menganalisa 54 tanda-tanda biologis yang  dapat mengidentifikasi hampir segala jenis penyakit. Harganya murah, sehingga dalam beberapa tahun saja, setiap orang di dunia akan mendapatkan akses kedokteran kelas dunia secara hampir gratis.

 

3D PRINTING – Printer 3 Dimensi

Harga Printer 3 Dimensi semakin murah turun dari $ 18.000 menjadi $ 400 dalam 10 tahun. Dalam rentang waktu yang  sama pula, kecepatannya menjadi 100 kali lebih cepat. Semua perusahaan sepatu besar telah mulai mencetak 3 dimensi sepatu-sepatu mereka. Suku cadang pesawat terbang juga sudah dicetak 3 dimensi di bandara-bandara terpencil. Bandar udara antariksa pun sekarang memiliki sebuah printer yang  mengeliminasi keperluan stok suku cadang yang  besar.

 

Di akhir tahun ini smartphone generasi baru akan memiliki kemampuan memindai 3 Dimensi. Anda akan dapat memindai 3 Dimensi kaki anda  dan mencetak sepatu yang  sempurna untuk anda dari rumah. Bahkan, di China, orang telah membangun gedung 6 lantai dengan 3D Printing. Pada 2027, 10 persen barang akan diproduksi dengan 3D Printing.

 

BUSINESS OPPORTUNITY – Peluang Bisnis

Jika anda sedang berpikir spesialisasi apa yang  akan anda geluti, tanyakan ini kepada diri anda sendiri: “Di masa depan, apakah mungkin kita akan memiliki hal tsb..?” Jika jawabannya adalah YA, bagaimana anda dapat membuatnya hadir lebih cepat..? Jika tidak dapat dilakukan dengan smartphone anda, lupakan saja ide tsb. Dan setiap ide yang  dirancang untuk berhasil di abad 20, pasti akan gagal di abad 21.

 

WORKS – Para Pekerja

70-80 persen pekerjaan akan hilang dalam kurun waktu 20 tahun ke depan. Akan ada banyak pekerjaan baru, namun belum jelas apakah akan ada cukup lapangan pekerjaan dalam waktu yang  singkat.

 

AGRICULTURE – Pertanian

Akan hadir robot agrikultur seharga $ 100 di masa depan. Petani di negara-negara berkembang akan menjadi manajer dari ladangnya masing-masing  dan tidak akan bekerja lagi di ladangnya. Aeroponics akan membutuhkan jauh lebih sedikit air. Produksi daging premium telah ada sekarang ini  dan akan menjadi lebih murah dari pada daging sapi di tahun 2018.

 

Sekarang ini, 30 persen dari semua lahan agrikultur digunakan untuk memelihara sapi. Bayangkan jika kita tidak membutuhkan lahan seluas itu lagi. Beberapa pebisnis baru mulai memperkenalkan protein serangga di pasaran, di mana kandungan proteinnya jauh melebihi daging. Protein serangga ini akan diberi label “sumber protein alternatif” (karena sebagian besar orang masih akan menolak untuk mengkonsumsi serangga).

 

Ada aplikasi bernama “Moodies” yang dapat mendeteksi mood anda saat ini. Di tahun 2020 akan ada aplikasi yang dapat mendeteksi ekspresi wajah anda jika anda berbohong. Bayangkan jika dalam debat politik, dapat terlihat siapa yang berbohong/jujur. Bitcoin akan menjadi barang umum  dan bahkan mungkin akan menjadi standar nilai tukar cadangan.

 

LONGEVITY – Harapan Hidup

Saat ini rata-rata umur harapan hidup manusia bertambah 3 bulan setiap tahunnya. Empat tahun lalu harapan hidup manusia adalah 79 tahun, sekarang 80 tahun. Angka ini akan terus bergerak naik, dan pada tahun 2036, umur harapan hidup manusia akan mencapai 100 tahun.

 

EDUCATION – Pendidikan

Smartphone termurah sudah beredar di Afrika  dan Asia dengan harga $10 saja. Hingga tahun 2020, 70 persen umat manusia akan memiliki smartphone. Itu berarti semua orang akan memiliki akses yang sama terhadap pendidikan kelas dunia. Setiap anak akan dapat menggunakan Khan Academy untuk segala hal yang diajarkan di sekolah-sekolah negara maju.[manajemen-ti]