Bukalapak raih penghargaan achmad bakrie 2018

MANAJEMEN-TI.COM – Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) atau Achmad Bakrie award merupakan ajang tahunan bergengsi yang digelar setiap tahun dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI. Penghargaan yang pertama kali diluncurkan pada 14 Agustus 2003 ini kembali digelar tahun ini sekaligus untuk memperingati 73 tahun hari kemerdekaan dan 76 tahun kelompok usaha Bakrie. Penghargaan Achmad Bakrie ini merupakan perwujudan dari falsafah dasar kelompok usaha yang didirikan oleh mendiang H. Achmad Bakrie yaitu bahwa “Setiap rupiah yang dihasilkan oleh Bakrie harus bermanfaat bagi orang banyak.”

Penghargaan Achmad Bakrie merupakan tradisi penganugerahan kepada para tokoh inspirasional yang telah berjasa bagi kehidupan bangsa Indonesia. Tokoh-tokoh yang dipilih adalah insan-insan terbaik dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan, serta mereka yang telah membaktikan hidupnya di bidang kemanusiaan.

Penghargaan Achmad Bakrie juga diberikan kepada anak bangsa yang telah menuangkan pikirannya dalam menghasilkan karya inspiratif sehingga manfaatnya mampu dirasakan masyarakat. Penghargaan Achmad Bakrie yang sudah dilaksanakan selama 16 tahun ini, telah diberikan kepada 72 penerima yang terdiri atas 69 individu dan tiga institusi.

Pada tahun 2018 ini, malam penganugerahan PAB yang dilaksanakan pada hari Selasa/14 Agustus 2018 di XXI Ballroom Djakarta Theatre dan akan ditayangkan di TVOne pada hari Jumat/17 Agustus 2018 pukul 20.00 WIB menghadirkan empat tokoh penerima penghargaan tersebut.

Pada bidang “Teknologi dan Kewirausahaan” tahun ini terpilih sebagai penerimaa penghargaan adalah Bukalapak. Usaha yang dirintis oleh trio anak muda jebolan Informatika ITB (Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho) ini dinilai secara konsisten terus memper luas literasi digital dalam upaya turut membangun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Bukalapak dinilai berhasil menciptakan trust building di antara puluhan juta konsumen dengan sekira tiga juta pelapak, menghasilkan lebih dari setengah juta transaksi per hari. Ini adalah wujud pemberdayaan ekonomi yang nyata, melalui kewirausahaan berbasis teknologi.

[Baca juga: Tiga Pesan Pendiri Bukalapak kepada Mahasiswa Baru ITB]

Selamat untuk Bukalapak, para perintis dan pengelolanya. Semoga dapat semakin sukses menebar manfaat bagi kemanusiaan dan bangsa tercinta. Merdeka!! [mti]