Amazon Web Services

Sejumlah website besar dunia terpaksa offline akibat permasalahan yang terjadi pada Amazon.

Amazon Web Services (AWS), salah satu divisi dari perusahaan retail raksasa dunia yang menyediakan layanan infrastruktur bagi banyak organisasi di Internet, tampaknya sedang mengalami permasalahan serius. Permasalahan tersebut mengakibatkan semua perusahaan dan website yang bergantung pada layanan AWS bermasalah tersebut menjadi terpaksa berhenti mengudara alias offline. Termasuk dalam jajaran website-website besar dunia tersebut antara lain adalah Imgur, medium, SoundCloud, Trello, dan banyak yang lainnya.

Demikian sebagaimana dikabarkan oleh Independent beberapa jam yang lalu.

Amazon mengatakan bahwa layanan S3 miliknya sebenarnya tidak rusak, hanya mengalami frekuensi error yang lebih tinggi dari biasanya.

AWS biasanya merupakan salah satu layanan Internet yang paling handal di dunia. Tapi karena banyak website bergantung padanya, maka masalah sekecil apapun dapat menyebabkan permasalahan besar di berbagai penjuru dunia Internet.

Beberapa website tersebut hanya menggunakan bagian-bagian tertentu dari layanan Amazon. Sehingga website seperti SoundCloud, misalnya, masih tetap dapat diakses tapi untuk sementara para pelanggannya tidak akan dapat mengunggah audio padanya.

Sedangkan website lain yang memiliki tingkat ketergantungan yang lebih besarĀ  maka otomatis akan mengalami gangguan yang lebih besar lagi. Seperti misalnya Trello dan website lainnya yang menjadi sama sekali tidak dapat diakses akibat masalah ini. [manajemen-ti/independent]