1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
Last Update:
General update: 18-10-2016 07:57

Stay Connected:

FacebookTwitterLinkedin

Dulu CobiT 4.1, Sekarang Cobit 5: Apa Bedanya?

CobiT dikenal luas sebagai standard defacto untuk kerangka kerja tata kelola TI (IT Governance) dan yang terkait dengannya. Di sisi lain standard/framework ini terus berevolusi sejak pertama kali diluncurkan di 1996 hingga rilis terakhir yaitu CobiT 5 yang diluncurkan pada Juni 2012 yang lalu. Pada setiap rilisnya, kerangka kerja ini melakukan pergeseran-pergeseran beberapa paradigma.

Kenapa berubah terus? Bukankah perubahan-perubahan seperti ini dapat membingungkan pihak-pihak yang akan mengadopsinya? Secara sepintas mungkin memang iya, tapi anyway apakah ada di dunia ini yang tidak berubah (selain perubahan itu sendiri)? Teknologi Informasi dan pemanfaatannya yang berkembang dengan cepat tentunya menuntut perubahan dalam tata cara pengelolaannya juga. Dus, frameworknya juga perlu penyesuaian juga. Ini jawaban pertama. Selain itu penerapan apapun pada tataran konseptual ke dalam tataran praktis akan selalu memunculkan titik-titik yang dapat diperbaiki dan disempurnakan terus-menerus. Ingat pepatah: “improvement is a journey, not a destination.” Sehingga, framework apapun juga perlu terus disempurnakan. Ini jawaban kedua saya. Dan saya kira saat ini cukup dua saja jawaban saya terhadap pertanyaan “kenapa berubah terus”. Pada tulisan kali ini saya ingin sedikit menyinggung perubahan terakhir dari framework kondang ini, yaitu dari Cobit 4.1 yang dirilis Mei 2007 ke CobiT 5 yang dirilis Juni 2012 yang lalu.

Ada beberapa perubahan penting yang dibawa oleh CobiT rilis teranyar ini dibanding versi pendahulunya. Apakah itu?

Pertama, prinsip baru dalam tata kelola TI untuk organisasi, Governance of Enterprise IT (GEIT).

CobiT 5 principles.png

CobiT 5 —sebagaimana juga Val IT dan Risk IT—ini lebih berorientasi pada prinsip, dibanding pada proses. Katanya berdasarkan feedback yang masuk, menyatakan bahwa ternyata penggunaan prinsip-prinsip itu lebih mudah dipahami dan diterapkan dalam konteks enterprise secara lebih efektif.

Kedua, CobiT 5 memberi penekanan lebih kepada Enabler. Walaupun sebenarnya CobiT 4.1 juga menyebutkan adanya enabler-enabler, hanya saja Cobit 4.1 tidak menyebutnya dengan enabler. Sementara CobiT 5 menyebutkan secara spesifik ada 7 enabler dalam implementasinya. Berikut ini adalah ketujuh enabler CobiT 5 dan perbandingan untuk hal yang sama di CobiT 4.1:

(1)  Prinsip-prinsip, kebijakan dan kerangka kerja. Kalau di CobiT 4.1, poin-poin ini tersebar dalam beberapa proses-proses CobiT 4.1.

(2)  Proses-proses. Proses adalah sentral dari CobiT 4.1.

(3) Struktur Organisasi. Dalam CobiT 4.1, struktur organisasi tercermin dalam RACI chart yang mendefinisikan peran dan tanggung-jawab para pihak dalam setiap proses.

(4)  Kultur, etika dan perilaku. Poin ini terselip di beberapa proses CobiT 4.1

(5)  Informasi. Dalam CobiT 4.1, informasi merupakan salah satu sumber daya TI (IT resources).

(6) Layanan, Infrastruktur, dan Aplikasi. Dalam CobiT 4.1, infrastruktur dan aplikasi (disatukan dengan layanan) merupakan sumber daya TI juga.

(7) Orang, keterampilan (skills) dan kompetensi. Dalam CobiT 4.1, hanya disebutkan “orang” sebagai salah satu sumber daya (walau sebenarnya mencakup juga keterampilan dan kompetensinya)

Ketiga, CobiT 5 mendefinisikan model referensi proses yang baru dengan tambahan domain governance dan beberapa proses baik yang sama sekali baru ataupun modifikasi proses lama serta mencakup aktifitas organisasi secara end-to-end. Selain mengkonsolidasikan CobiT 4.1, Val IT, dan Risk IT dalam sebuah framework, CobiT 5 juga dimutakhirkan untuk menyelaraskan dengan best practices yang ada seperti misalnya ITIL v3 2011 dan TOGAF.  

Keempat, seperti disinggung sebelumnya, bahwa dalam CobiT 5 terdapat proses-proses baru yang sebelumnya belum ada di CobiT 4.1, serta beberapa modifikasi pada proses-proses yang sudah ada sebelumnya di CobiT 4.1. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa model referensi proses CobiT 5 ini sebenarnya mengintegrasikan konten CobiT 4.1, Risk IT dan Val IT. Sehingga proses-proses pada CobiT 5 ini lebih holistik, lengkap dan mencakup aktifitas bisnis dan IT secara end-to-end.

Sudah mulai jelas perbedaan (atau persamaan) antara CobiT 5 dengan pendahulunya CobiT 4.1? Masih ada poin-poin penting lain yang membedakan antara kedua rilis CobiT tersebut. Insya Allah pada tulisan berikutnya akan saya lanjutkan untuk poin-poin penting lainnya. Terima kasih atas kesabaran Anda. [manajemen-ti]


Tentang Penulis:

Umar Alhabsyi, MT, CISA, CRISC.

Merupakan konsultan senior IT Management, pendiri sekaligus direktur iValueIT Consulting (PT IVIT Konsulindo). Berpengalaman ekstensif dalam berbagai proyek konsultansi di bidang IT Planning, IT Governance, IT Audit, IT Performance Management, IT Service Management, SDM TI, dll untuk berbagai sektor organisasi dan perusahaan. Umar  juga aktif dalam memberikan training dan seminar di bidang IT Management. 

Umar dapat diakses melalui:
email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ;
twitter: @umaralhabsyi.

Comments   

 
# myrna 2013-04-12 10:21
maaf, saya mau tanya pak.. kalau untuk analisis manajemen resiko menggunakan COBIT, apa harus menggunakan versi terbaru (versi 5) atau masih bisa menggunakan versi 4.1?


terimakasih...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-04-13 00:21
Cobit 4.1 masih bisa digunakan untuk analisis risiko. Hanya saja Cobit 5 lebih lengkap dan komprehensif. Misalnya:
1. Pada Cobit 5 dibedakan antara proses-proses yang termasuk dalam domain Governance dan doman Management. Pada Cobit 4.1 tidak ada pembedaan secara eksplisit.

2. Pada masing-masing domain tsb (governance dan management) terdapat proses yang khusus terkait dengan manajemen risiko. Pada Cobit 4.1 hanya ada 1 proses khusus manajemen risiko yaitu di PO9.

3. Pada RACI chart di Cobit 5 didefinisikan role baru terkait manajemen risiko, yang sebelumnya belum ada di Cobit 4.1

However, baik Cobit 4.1 maupun Cobit 5 sama-sama memerhatikan risiko untuk setiap proses. SEhingga keduanya bisa digunakan untuk analisis risiko.

Semoga membantu..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# myrna 2013-04-13 05:10
makasih pak :D
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# made 2013-04-18 03:32
mau tanya pak,
jadi bagaimana penerapan prinsip dan enabler COBIT 5 dalam melakukan audit ?
lalu, kalau dalam COBIT 4.1 itu kan terdapat maturity level untuk setiap domain, lalu bagaimana dg COBIT 5 ?
sya sdang membuat tgas akhir, tp sy msih bingung skali dg COBIT 5.. :(
makasih..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-04-19 01:55
Pada COBIT 5, proses walaupun tetap penting tapi hanyalah salah satu dari 7 enabler governance dan management di organisasi.

Benar, bahwa di COBIT 4.1 ada process maturity lavel. Kalau di COBIT 5 diistilahkan dengan process capability model. Sama2 menggunakan skala 0-5, tapi cara penilaiannya sama sekali berbeda. Jadi hasilnya tidak bisa dibanding2kan.

Kalau pada COBIT 4.1, menilai maturity itu dng menilai sejauh mana penerapan control objective dari setiap proses (ditambah Process Control) kemudian digunakan petunjuk management practices utk melakukan penilaiannya.

Sedangkan pada COBIT 5, setiap level menuntut pemenuhan level sebelumnya dulu baru bisa naik level. Jadi perlu dinilai dulu untuk level 1 berdasarkan proses outcome, base practices dan work products setiap proses. Baru kalau sudah terpenuhi, bisa dipertimbangkan parameter2 berikutnya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# made 2013-04-20 15:11
maksih pak :)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# kanahaya 2013-07-01 14:49
mau tanya pak,, kalau saya me-audit IT governance menggunakan COBIT 5. berarti saya hanya menggunakan semua domain EDM yang berelasi dengan Governance y pak?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-07-05 08:27
@kanahaya, lingkup dari setiap Audit TI bergantung pada obyektif dan tujuan yg ditetapkan di awal. Jadi lingkupnya bisa luas bisa sempit.
CobiT 5 mendefinisikan perbedaan antara wilayahnya governance dan management. CobiT 5 juga menjelaskan proses2 dalam domain governance dan management. Sehingga Audit pun bisa dilakukan terhadap semua domain tsb dengan menggunakan Cobit 5.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# thalita 2013-07-07 07:20
permisi, mau tanya pak.
saya sedang menunggu jadwal sidang dengan tugas akhir yang berkaitan dengan cobit 4.1 yang diterapkan untuk megevaluasi e-learning, yang menghasilkan rekomendasi tata kelola untuk elearning sebuah universitas. namun saya masih bingung apabila ditanya mengapa tidak menggunakan cobit 5 saja. alasan saya sebenarnya karena ketika saya mengambil topik ini referensi mengenai cobit 5 masih sedikit apalagi yang digunakan dalam tugas akhir. sebenarnya ada ngga kelebihan atau keunggulan cobit 4.1 dibandingkan cobit 5?
terimakasih sebelumnya pak
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-07-08 00:06
Saya kira sah2 saja saat ini masih menggunakan Cobit 4.1, apalagi waktu awal melakukan penelitian Cobit 5 masih baru muncul sehingga masih sedikit referensinya. Sekarang pun sebenarnya referensi untuk Cobit 5 masih berkembang. Seperti misalnya untuk pedoman assurance berbasis Cobit 5 yang baru keluar blm lama ini. Cobit 5 memang lbh bagus dibanding Cobit 4.1, krn Cobit 5 menggunakan perspektif bisnis scr end-to-end, sementara Cobit 4.1 lbh dominan perspektif IT nya. Tapi utk berpindah dari Cobit 4.1 ke Cobit 5 memerlukan perencanaan yg baik,tdk bisa serta-merta. Lingkup organisasinya beda, pendekatan auditnya beda, pedoman assurance nya beda, banyak proses2 yg baru juga, model asesmennya juga beda, sehingga membutuhkan waktu utk migrasi jika sblmnya telah menerapkan Cobit 4.1 ke 5. Saya kira ini jg berlaku utk penelitian/tuga s akhir yg Anda lakukan.

Semoga membantu dan sukses sidangnya ya..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# ikhaa 2013-11-21 03:44
saya mau tanya. kasus saya sama seperti mba thalita. saya mengerti maksud bapak, yang mengatakan bahwa cobit 5 masih berkembang dan belum banyak refensi cobit 5 dibandingkan cobit 4.1, hanya saja saya butuh jurnal serta landasan yang mendasari atas jawaban bapak. untuk dilampirkan didalam skripsi.
terima kasih sebelumnya. mohon bantuannya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-11-21 04:17
Quoting ikhaa:
saya mau tanya. kasus saya sama seperti mba thalita. saya mengerti maksud bapak, yang mengatakan bahwa cobit 5 masih berkembang dan belum banyak refensi cobit 5 dibandingkan cobit 4.1, hanya saja saya butuh jurnal serta landasan yang mendasari atas jawaban bapak. untuk dilampirkan didalam skripsi.
terima kasih sebelumnya. mohon bantuannya.


Mungkin artikel ini dapat membantu: http://manajemen-ti.com/tata-kelola-audit/722-migrasi-ke-cobit-5-mengapa-dan-kapan.html

Terutama pada bagian "Kapan perlu Migrasi ke COBIT 5". Saya kira alasan yg sama dapat diterapkan pada konteks penelitian Anda.

Sebagaimana disebutkan juga disana, Artikel tsb merujuk pada artikel yg dimuat di bulletin Cobit Focus dari ISACA volume 3, Juli 2013.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Akbar 2014-11-26 07:45
Pa umar saya mau minta pencerahan, saya sedang menyelesaikan tesis S2, dosen pembimbing saya minta tahapan dokumentasi pada COBIT 5 untuk pencapaian level,apakah bapak punya dokumentasi nya...? jika ada boleh di email pa ke
Terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# kanahaya 2013-08-16 03:20
pak umar.. saya baca cobit 5 itu membedakan antara governance dan management.. kalo governance itu tercover dengan proses EDM.. jika saya mengaudit it governance, apakah bisa kalo saya hanya menggunakan semua proses dalam EDM saja?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-08-18 23:18
@kanahaya: Terminologi IT Governance (ITG) adalah terminologi yg digunakan dalam Cobit 4.1. Sedangkan dalam Cobit 5 digunakan terminologi Governance of Enterprise IT (GEIT). Pada Cobit 4.1, yg menggunakan term ITG mencakup keseluruhan domain, tdk memisahkan domain governance dan management. Sedangkan dalam Cobit 5, kedua domain tsb dipisahkan secara jelas.

Sehingga kalau ditanya sejauh mana lingkup Audit IT Governance, maka tentu harus diperjelas yang dimaksud oleh Auditee nya, kondisi serta obyektif dari Auditnya. Baru kemudian berdasarkan itu ditentukan lingkup auditnya sejauh mana. Tidak bisa kita memutuskan sendiri lingkup audit hanya berdasarkan istilah yang digunakan.
Semoga membantu.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# kanahaya 2013-09-05 02:14
pagi p. umar... kalo di cobit 4.1 ada tools untuk memilih proses it yaitu cobit 4.1 maturity assessment tool berbentuk excel... kalau untuk di cobit 5 apakah ada tools yang demikian pak?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-09-05 23:30
@kabahaya: di Cobit 5 ada juga tools untuk asesmen-nya, dengan process reference dan model yang berbeda dengan Cobit 4.1 tentunya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# kanahaya 2013-09-11 08:19
selamat sore p.umar maaf saya banyak tanya... saya sedang melakukan penelitian it gov menggunakan cobit 5. saya mau tanya lagi ni p.umar, kalau untuk menentukan it prosesnya saya menggunakan scoring seperti di cobit 4.1 bagaimana pak? tentunya dengan process reference yang terdapat di cobit 5, hanya cara perhitungan scoringnya saja yang sama.

p.umar , kalau untuk mendapatkan tool assemennya bagaimana y pak?

terima kasih pa...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# dyah 2013-11-08 03:18
Mau tanya kalau untuk mendapatkan cobit 5 secara lengkap nya bgmna? saya ingin tau u mendapatkan u mengerjakan tugas akhir penelitian saya. trims saya hanya baru mendapatkan referensi penelitian cara penggunaan cobit 5 dan proses assesment model capability,, tp tidak lengkap
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-11-08 10:09
@dyah: Bisa diunduh di www.isaca.org
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# .dyah 2013-11-08 11:15
harus jd member isaca dlu ya, dan beli online ya pak? blm bisa free?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-11-11 06:38
Kalau COBIT 5 frameworknya free to download kok, baik member/non-memb er. Coba lihat di sini: http://www.isaca.org/COBIT/Pages/COBIT-5-Framework-product-page.aspx
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# .dyah 2013-11-11 08:01
tenkyu pak Umar..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# .dyah 2013-11-11 08:09
Pak, mau tanya kalau sedang penelitian, menggunakan COBIT 5 apakah harus menganalisis ke 37 proses yg ada atau bisa dipilih dan disesuaikan dengan bentuk organisasinya.
Trims
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-11-12 00:52
Quoting .dyah:
Pak, mau tanya kalau sedang penelitian, menggunakan COBIT 5 apakah harus menganalisis ke 37 proses yg ada atau bisa dipilih dan disesuaikan dengan bentuk organisasinya.
Trims

Tentu bisa dipilih sesuai relevansinya dng prioritas organisasi.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# junot 2013-09-19 13:46
mlam pak.
saya mau tanya apakah bapak punya materi tentang cobit yang versi 3.
kalau ada bisa mnta tolong krm ke e-mail saya pak.
soalnya saya cari2 d paman google tpi gk ada.
mksh pak.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2013-11-08 10:07
Ada. Insya Allah bisa saya emailkan.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# junot 2013-09-19 13:46
ini e-mail saya pak.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# .dyah 2013-11-11 08:40
Ada yg punya bahan COBIT 5: Enabling Processes - lengkap pdf
Jika ada yg mau berbagi (sharing, not free but low cost) bisa email ke
thanx before
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# gunawan 2013-11-11 19:15
Ada nee..saya inbox ya mbak dyah
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# .dyah 2013-11-12 07:11
terimakasih mas gunawan...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Akbar 2014-07-08 21:05
mas gunawan boleh minta referensi untuk COBIT 5 nya...? PM ya via email.
Terima kasih...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Nurrahmi Fitri 2014-11-04 14:04
mas Gunawan, Saya juga boleh minta file COBIT 5: Enabling Processes ?
ini email saya
terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Nurrahmi Fitri 2014-11-04 14:27
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# refika 2014-11-25 13:09
Boleh share ke juga ga mas?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# edo 2015-01-09 18:21
boleh share ke juga mas?
saya sedang berencana membuat TA tentang cobit5, mohon bantuannya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# epanaugust 2015-03-10 15:31
Quoting gunawan:
Ada nee..saya inbox ya mbak dyah


mas gunawan saya boleh minta share ke email saya juga tentang bahan COBIT 5: Enabling Proses - lengkap.pdf ke email:

Terimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# wira 2015-10-19 04:49
Mas gunawan, boleh saya dibagi COBIT 5 Enabling processes versi lengkap ke email ,sebelumnya terima kasih :)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# rini 2016-03-27 07:08
saya juga mas gunawan kalau bisa
ke
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# tity 2013-11-27 09:36
maaf apa ada yang punya cara perhitungan gap menggunakan cobit 5? sama kalau analisis proses yang data collection tiap anakannya prosesnya contohnya dss01 kan ada 5 anakan proses.mengguna kan apa kalau di cobit 5?apa ada tmpltenya atau bisa menggunakan hasil dr wawancara?
makasih
mudah"an bisa ada pencerahan kalau ada yg lbh mngerti
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# rikiyawan 2013-12-08 00:38
maaf pak mau nanya kalau untuk keamanan data baiknya pakai cobit 5 atau 4.1..
terus kalo untuk cobit 5 versi indonesianya sudah ada belum yah pa..
terimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# nurmala 2014-02-10 08:04
mas.mba boleh minta tolong,, :D
saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir saya dan mengangkat mengenai cobit 5, tapi saat ini masih kekurangan bahan mengenai cobit 5 ini.ada yang punya file mengenai hal tersebut. boleh share,dan di kirim ke email saya bahannya jika tidak keberatan.
email saya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# tika 2014-05-14 07:12
pak umar, terimakasih atas penjelasannya.
namun ada sesuatu hal yang ingin saya tanyakan. dalam buku Cobit 5 enabling process terdapat mapping dari cobit 4.1, val IT 2.0 dan Risk IT Management Practices, yang artinya semua proses yang ada di cobit 5 merupakan gabungan dari proses-proses yang ada sebelumnya. kita ketahui pada cobit 4.1 penilaiannya menggunakan maturity model, dan cobit 5 menggunakan capability.
Yang ingin saya tanyakan, jika kita ingin melakukan penilaian dengan menggunakan maturity model apa yang harus saya lakukan? sementara kita ketahui pada cobit 4.1 setiap proses telah ditetapkan kriteria masing-masing prosesnya, contohnya beberapa proses pada cobit 5 BAI01 merupakan mapping proses dari PO10 pada cobit 4.1. lalu bagaimana melakukan penilaian pada proses yang tidak tercakup pada cobit 4.1?
mohon butuh pencerahannya pak, terimakasih jika bapak bisa membantu.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# afdhol19 2014-06-11 09:49
pak, kalau kita untuk melakukan proses assessment terhadap capability suatu proses, apakah menggunakan seperangkat pertanyaan yang mesti dijawab oleh beberapa stakeholder..? terima kasih saya ucapkan sebelumnya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# cari 2014-06-18 08:23
mau nanya pak.
apakah semua dco semua harus kita pake saat menerapkan co (proses ti) cobit 4.1
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2014-06-20 01:33
Tidak semua. Bergantung hasil risk assessment yang dilakukan.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# merta 2014-06-26 05:52
Pak saya mau nanya bagaimana cara menentukan dan mengatasi gap di cobit 5.. kebetulan tugas akhir saya disuruh menggunakan cobit 5. mohon bimbingannya pak :)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# merta 2014-06-26 05:57
saya juga mau nanya pak kalau control objectives di cobit 5 yang mana ya??
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# afdhol19 2014-09-10 08:24
izin bertanya pak...quesioner untuk penilaian proses COBIT 5 menggunakan apa ya pak.? dimana bisa kita download?
terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Febrian 2014-10-29 17:01
Permisi rekan-rekan sekalian.
apakah ada yang memiliki e-book COBIT 5 : self-assessment guide using COBIT 5?
jika ada bisa kirimkan ke e-mail saya : .
Thanks.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Fitrianda Pratama 2014-11-17 04:49
Pak.. mau tanya.. perbedaan cobit 4.0 sama 4.1 ..
Terimakasih pak sebelumnya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2014-11-17 08:29
Quoting Fitrianda Pratama:
Pak.. mau tanya.. perbedaan cobit 4.0 sama 4.1 ..
Terimakasih pak sebelumnya


Perbedaannya tidak prinsipil. Misalnya pada penggambaran prinsip dasarnya. Statement-nya kurang lebih sama, tapi penggambarannya sedikit berbeda. Lalu pada nama proses ada yg diubah. Misalnya proses ME3 di COBIT 4 itu adalah "Ensure regulatory compliance", sedangkan di CobiT 4.1 nama prosesnya: "Ensure compliance with external requirements."

Perubahan lain misalnya di COBIT 4 dikenal istilah "Key Goal Indicator". Sementara di COBIT 4.1 yang ada adalah "Outcome Measures".

dll..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# fine 2014-11-29 14:49
Hallo Pak Umar..
Dari mana kita tahu, bahwa sebuah enterprise sudah melakukan tatakelola TI?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Maulana 2014-12-24 20:45
Assalamualaikum pak Umar, saya ingin bertanya untuk pengerjaan Tesis saya yaitu bagaimana membuat kuesioner untuk COBIT 5 apakah sudah tersedia atau harus generate sendiri, dan kalau harus generate sendiri bagaimana uji validasi kuesioner yang telah dibuat agar sesuai dengan COBIT 5. Terima kasih :)
Thanks in advance
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# edo 2015-01-09 18:25
p.maulana, saya berencana mengerjakan skripsi menangkat cobit5, apakah ada referensi yang berkaitan tentang cobit5? saya mohon berkenan untuk dikirim ke email saya,
terima kasih sebelumnya :)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yopi Hidayatul Akbar 2015-01-09 18:52
Trims atas pnjelasan pa umar tntang cobit 5 sblmnya, skrg tesis sy sdh beres dan sdh sidang..sekedar masukan bagi yg sdg nyusun skripsi atau tesis jika brkaitan dg cobit 5, intinya pnentuan domain itu pnting dan hrs disesuaikan dg kbutuhan prusahaan, dlm pnlitian dg cobit 5 dperlukan kuisioner yg brkaitan dg cobit 5 (tdk semua domain diambil), dari hasil kuisioner harus dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas (statistik) utk menguji item pertanyaan dan konsistensi nya, stelah didapatkan nilai dari kuisioner itu selanjutnya dapat dijadikan sebagai nilai maturity per subdomain (misal APO.01 dst), apakah sudah mencapai target atau belum...kemudia n dilakukan kapabilitas untuk mengukur sejauh mana tata kelola TI pada perusahaan tsb sudah dijalankan...pe nting juga jika sedang nyusun skripsi dg cobit 5 cukup hanya output saja pencapaiannya, tapi untuk tesis hrs ada output dan outcome nya misal rekomendasi/SOP /kebijakan..jik a ingin sharing silakan...semog a membantu
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# yuniati 2015-03-14 06:59
mas,, mau sharing dong ttg cobit 5 ini..

aku udah email mas yopi,, reply ya mas tolong..
ni email aku


makasi mas
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yopi Hidayatul Akbar 2015-05-02 05:09
Quoting yuniati:
mas,, mau sharing dong ttg cobit 5 ini..

aku udah email mas yopi,, reply ya mas tolong..
ni email aku


makasi mas


sudah saya reply emailnya mbak yuniati...
kalo mau sharing atau perlu tools cobit 5 lengkap beserta kuisioner silakan, mungkin punya saya waktu nyusun tesis bisa di jadikan acuan...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# samsuri 2015-05-02 05:49
maaf mas kalau saya minta tools cobit 5 lengkap beserta kuisioner bisa gk ya?? hehe, mungkin bisa saya jadikan acuan dlam skripsi saya, email saya : , makasih banyak atas perkenannya...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yopi Hidayatul Akbar 2015-05-20 06:01
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nya ke email
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Dini Labibah 2016-09-08 07:50
mas saya boleh minta Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nya ke email


mas kalo boleh saya juga minta tools COBIT 5 dan kuesioner nya. ini email saya

sebelumnya terima kasih banyak hehe
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Arnaya 2016-11-01 09:59
Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nya ke email


Mas Yopi saya ingin berkonsultasi mengenai cobit 5 untuk skripsi saya,Kalau boleh saya minta referensi,tool, kuisioner beserta contactnya bisa di kirimkan ke email saya Terimakasih banyak..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# samsuri 2015-05-02 04:40
maaf pak, bisa saya konsultasi lebih jauh?, kebetulan saya sedang menyusun skripsi dan rencana saya mau menggunakan cobit 5 juga, klo diperkenankan minta kontaknya , terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yopi Hidayatul Akbar 2015-05-02 05:13
Quoting samsuri:
maaf pak, bisa saya konsultasi lebih jauh?, kebetulan saya sedang menyusun skripsi dan rencana saya mau menggunakan cobit 5 juga, klo diperkenankan minta kontaknya , terima kasih


boleh kalo mas mau sharing, mungkin saya bisa bantu...via email aja mas nomor kontak saya nya...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# samsuri 2015-05-02 05:50
maaf mas kalau saya minta tools cobit 5 lengkap beserta kuisioner bisa gk ya?? hehe, mungkin bisa saya jadikan acuan dlam skripsi saya, email saya : , makasih banyak atas perkenannya...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yopi Hidayatul Akbar 2015-05-20 05:58
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nyake email
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Qomariyah 2015-06-11 15:38
Maaf sebelumnya. Saya sedang mengerjakan tugas akhir dan ingin menggunakan cobit 5. Bolehkah saya minta tools cobit 5 lengkap dan quesionernya?

Tolong kirim ke
Dan mohon bimbingannya... ..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# agung 2015-07-04 20:55
Saya sedang mengerjakan tugas akhir dan ingin menggunakan cobit 5. Bolehkah saya minta tools cobit 5 lengkap dan quesionernya? mohon bantuannya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yayi Fateka 2015-09-08 02:06
assalamualaikum .. boleh saya juga dikirimi tool cobit 5 nya pak? saya sedang mengerjakan skripsi dan butuh tool nya, akan sangat membantu sekali jika saya dikirimi, email sy :
sebelumnya terimakasih sekali pak :)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yayi Fateka 2015-09-08 02:07
emailnya :
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# dimas hutama 2016-05-15 07:03
Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nyake email

Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nyake email

Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
sudah saya kirim cobit 5 tool kit nyake email




Mas. Yopi mohon bantuannya jg untuk toolkit dan quesionernya, saya sedang bingung mencari untuk skripsi saya
Ini email saya:

Terimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Febriani 2015-06-21 02:55
Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
Quoting samsuri:
maaf pak, bisa saya konsultasi lebih jauh?, kebetulan saya sedang menyusun skripsi dan rencana saya mau menggunakan cobit 5 juga, klo diperkenankan minta kontaknya , terima kasih


boleh kalo mas mau sharing, mungkin saya bisa bantu...via email aja mas nomor kontak saya nya...


maaf mas kalau saya juga minta tools cobit 5 lengkap beserta kuisioner bisa ndak ya?? mau dijadikan acuan tesis saya, email saya : , terima kasih..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Siti Fauziah 2015-09-26 12:55
Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
Quoting samsuri:
maaf pak, bisa saya konsultasi lebih jauh?, kebetulan saya sedang menyusun skripsi dan rencana saya mau menggunakan cobit 5 juga, klo diperkenankan minta kontaknya , terima kasih


boleh kalo mas mau sharing, mungkin saya bisa bantu...via email aja mas nomor kontak saya nya...



Assalamu'alaiku m Pak Yopi, kalau boleh saya juga mau minta toolkit cobit 5 beserta kuisionernya. berikut email saya
Terimakasih sebelumnya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# lia 2016-07-18 23:17
Quoting Yopi Hidayatul Akbar:
Quoting samsuri:
maaf pak, bisa saya konsultasi lebih jauh?, kebetulan saya sedang menyusun skripsi dan rencana saya mau menggunakan cobit 5 juga, klo diperkenankan minta kontaknya , terima kasih


boleh kalo mas mau sharing, mungkin saya bisa bantu...via email aja mas nomor kontak saya nya...


Mas yopi sy sedang melakukan penelitian cobit cuma terhambat karna ada beberapa yg saya tidak mengerti, saya bisa konsul gak ? Emailnya mas apa ?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Rinianty 2015-08-24 17:35
Pak, boleh gak saya juga disharing kuesioner dan tools cobit 5 dari pak Yopi

Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# adrian 2015-07-13 07:29
Selamat siang, pak. Saya ingin menanyakan perihal contoh tesis, kuisioner Cobit 5 dan tools yang dapat digunakan untuk analisanya. Apakah ada ? mohon dikirim ke ya pak. Trims pak
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Rinianty 2015-08-24 17:32
Mas Yopi boleh gak kirimkan saya contoh tesisnya, saya masih bingung untuk menentukan kuesioner COBIT 5 dan pengukurannya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# wira 2015-10-19 04:58
Permisi Pak Yopi, saya ingin melakukan penelitian tesis menggunakan cobit 5 juga, sekiranya jika boleh saya dibagi toolkit cobit 5 dan kuisionernya saya sangat berterima kasih.. ini alamat email saya jika berkenan :)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Agus 2016-03-31 00:28
Pak Yopi saya minta bahan cobit 5 nya dong, klo bisa lengkap sekalian Pak ya. Mau nyusun thesis cuma blm siap amunisinya nih Pak, terimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# knrizki 2016-04-17 07:16
siang mas Yopi.. sy kana rizki (), mahasiswa yg sdg nyusun skripsi yg brhubungan dgn cobit 5, sy ingin menanyakan, bagaimana melakukan uji validitas dan uji reliabilitas pd pertanyaan di kuisioner? dan bagaimana menentukan level dr hasil pertanyaan , apa yg dipertimbangkan untuk menentukan levelnya ?
mngkin mas bisa bls via email biar komunikasinya lbh efektif...
thanks before.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Rin Jamain 2017-02-22 00:06
Mas Yopi ada materi cobit 5 lengkap tidak?kalau ada tolong kirim ke email saya >Terimakasih mas
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# titan paramayoga 2015-02-13 08:03
pak umar kira kira bapak punta materi lengkap tentang cobit 5 for information security. buat bahan tesis pak
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# aidila fitri 2015-03-18 04:46
assalamualaikum pak ataupun kawan-kawan sekalian. saya sedang mengerjakan tugas akhir menggunakan cobit 5 dengan domain dss 5. dan saya membutuhkan referensi untuk penjelasan ataupun pembagian dss 5 serta tools untuk cobit 5. mohon bantuan nya, terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# febrian 2016-02-26 13:54
permisi aidila fitri,saya juga sedang mengerjakan TA mengenai Cobit 5 Domain DSS dan saya juga membutuhkan bahan mengenai materi tersebut,yakni penjelasannya mengenai Domain DSS, proses perhitungan serta contoh kuisionernya. Mohon bantuannya jika berkenan mengirimkan bahan2 tersebut ke alamat e-mail saya :
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# afdhal alhabsy 2015-10-03 07:56
Dear Pak Umar

Terima kasih penjelasnya sangat membantu dan sangat jelas
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# ali rachman 2015-11-09 03:25
assalamualaikum bapak dan teman-teman semua, saya sedang mengerjakan tugas akhir menggunakan cobit 5 dengan domain mea, kalau boleh saya minta referensi seperti cobit 5 enabling process dan toolkit cobit 5nya, bisa menghubungi saya di

terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# riri 2015-12-17 05:00
assalamualaikum pak umar, maaf saya masih bingung atas tugas akhir saya, saya mengambil topik audit aplikasi menggunankan COBIT 4, kemudian saya bingung kan kalo audit aplikasi itu test of control ya masuk nya ke audit edp yang boundry control, inpu, process dan output control kalo pake cobit bisa kan pak? dengan alsan cobit juga sebagai pengendalian dari setiap it proses pak. terimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2016-03-22 23:59
Alaykum salam wrwb,
Secara umum bisa dilakukan audit thd IT General Control dan Application control. Audit thd IT general control dilakukan evaluasi thd perencanaannya, proses pengembangan aplikasinya, operasional aplikasinya, manajemen layanannya, keamanannya, dsb.

Sedangkan audit thd Application control adalah evaluasi thd mulai penyiapan input, proses, output dan penanganannya dari aplikasi yg diaudit.

Untuk kedua jenis audit tsb, COBIT bisa dijadikan payung rujukan utama disamping standard/best practices lain sesuai kebutuhan.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# rini 2016-03-27 07:16
Assalamu'alaikum
Pak Umar, saya lagi menyusun tesis menggunakan COBIT 5, tapi saya masih bingung menentukan domain yang akan diteliti dengan kebutuhan perusahaan, jika bapak bersedia memberikan petunjuk, saya sangat berterimakasih.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Umar 2016-03-27 10:50
Alaykum salam Wr.Wb.
Rini, pemilihan domain yang akan digunakan bergantung pada obyektif audit/asesmen yang akan dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi perusahaan.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Jeffri Prayitno 2016-04-19 15:10
Assalamu'alaiku m,
saya sedang melakukan penelitian terkait COBIT 5, sudah satu bulan ini saya dipusingkan cara membuat kuisioner dan perhitungan di analisis gap dan capability models.
Jika bapak UMAR dan Bapak YOPI berkenan. Mohon diberikan contoh kuisioner DSS dan langkah-langkah analisisnya.
email saya :

Atas bantuannya saya sampaikan terima kasih.
Jazzakumullah...

Wsalam..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# lia 2016-07-18 16:01
Permisi, saya mau tanya. Bisakah edm01 saya pakai untuk menilai tata kelola di bank, tapi cuma fokus ke divisi pemberian kredit mikro ?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Dini Labibah 2016-09-08 08:46
mas yopi, saya boleh minta tools COBIT 5 serta kuesionernya tidak? saya membutuhkan nya untuk penyelesaian tesis saya. dan kalau bisa saya ingin berkonsultasi juga dengan mas yopi. ini email saya .
terima kasih..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Rizka Aulia 2017-01-10 07:01
saya rizka boleh kan saya meminta tool cobit beserta kuisionernya
tolong kirimkan ke alamat e-mail saya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Rizka Aulia 2017-01-10 07:02
Mas. Yopi mohon bantuannya jg untuk toolkit dan quesionernya, saya sedang bingung mencari untuk skripsi saya
Ini email saya:

Terimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# ldynluthfi 2016-12-07 02:38
Assalam'mualaik um pak umar, selamat pagi pak, pak saya luthfi saya saat ini akan menyusun sebuah skripsi tentang Cobit 5 akan tetapi saya tidak tahu akan mulai dari mana, saya harap bapak bisa memberikan saya pengarahan untuk saya memulai menyusun skripsi mengenai cobit 5.
Reply | Reply with quote | Quote